S2 MANAJEMEN LOGISTIK ULBI RESMI DIBUKA UNTUK MENCETAK MAGISTER YANG HANDAL


Bandung – Program S2 Manajemen Logistik Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) resmi dibuka berdasarkan Surat Izin Operasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi SK. No: 515/E/O/2023. Penyerahan Salinan SK tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 20 Juni 2023 bertempat di LLDIKTI Wilayah IV, Jl. P.H.H. Mustafa No. 38 Bandung. Penyerahan Salinan keputusan diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV, M. Samsuri.


Profil S2 Manajemen Logistik ULBI 

Program Studi Magister Manajemen Logistik ULBI berfokus untuk menjawab kebutuhan industri. Lulusan program ini diharapkan untuk memiliki keterampilan baik secara akademis maupun praktis, khususnya untuk menyelesaikan masalah, pengetahuan untuk merancang, menganalisis, menerapkan dan meningkatkan kinerja sistem logistik. Selain itu, lulusan juga diharapkan untuk mampu menguasai fungsi manjaerial dalam mengkoordinasikan sumber daya yang dibutuhkan dalam sistem logistik. Kapabilitas ini dibutuhkan tidak hanya oleh komunitas bisnis dan industri jasa logistik, namun juga oleh pemerintah sebagai regulator.

Konsentrasi : Logistics & Supply Chain Management

Keunggulan : 

  • Menghasilkan Logistics & Supply Chain Manager dan Freight Forwarding Manager  yang memiliki kompetensi keahlian:
  • Mengelola, mengintegrasikan dan mensinkronisasikan rantai pasok untuk  meningkatkan kinerja logistik dan rantai pasok perusahaan. 
  • Mengelola proses ekspor/ impor dan Kepabeanan untuk memenuhi persyaratan bea cukai dan asuransi, spesifikasi pengepakan, dan kepatuhan dengan peraturan dan rezim fiskal negara lain.
  • Memberikan solusi perbaikan rekayasa bisnis logistik dan rantai pasok terintegrasi serta mengembangkan keilmuan Logistik dan Supply Chain Management.

Konsentrasi : Logistics & Transportation Management

Keunggulan : 

  • Menghasilkan Logistics & Supply Chain Manager dan Transport Manager yang memiliki kompetensi keahlian:
  • Mengelola, mengintegrasikan dan mensinkronisasikan rantai pasok untuk  meningkatkan kinerja logistik dan rantai pasok perusahaan. 
  • Mengelola pengembangan, pembangunan dan pembiayaan bidang transportasi serta mengembangkan keilmuan transportasi.
  • Memberikan solusi perbaikan terhadap permasalahan transportasi dan analisis kebijakan bidang transportasi.

Kurikulum Program Manajemen Logistik ULBI terdiri dari 36 SKS yang ditempuh dalam masa studi normal selama tiga atau empat semester. ULBI merupakan penyelenggara The Chartered Institute of Logistics and Transport (CILT), dengan kurikulum embedded dengan modul-modul CILT. Dengan demikian lulusan selain memperoleh gelar M.Log. juga memperoleh gelar CMILT (Chartered Member of The Chartered Institute of Logistics and Transport).


Dosen Pengajar

Program Magister Manajemen Logistik ULBI dikelola oleh para dosen dan praktisi yang kompeten.

  1. Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng., Ph.D, CSCP, CSCA, CPLM (Professor Supply Chain Engineering - ITS)
  2. Prof. Dr. Ir. Sutarman, M.Sc., IPU (Professor Logistics Management – Telkom University)
  3. Himawan Hariyoga Djojokusumo, Ir., M.S. Ph.D. (Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementrian PPN/BAPPENAS)
  4. Dr. Ir. Faizal Rochmad Djoemadi, M.Sc. (President Director - PT Pos Indonesia)
  5. Dr. Prasabri Pesti, ST, MBA. (Director of Business Development and Portfolio Management - PT Pos Indonesia)
  6. Dr. Nofrisel, SE., MM., CSLP, EsLog. (Chairman of the Expert Board of Asosiasi Logistik Indonesia)
  7. Dr. Diar Fachmi., S.T., M.T., CISCP. (Senior Inventory Manager – PT Linfox Logistics Indonesia)
  8. Hijrah Saputra, Ph.D (Logistics Expert of Higher Colleges of Technology - United Arab Emirates
  9. Dr. Liane Okdinawati, S.T., M.T. (BOD at The Chartered Institute of Logistics and Transport /CILT Indonesia & Lecturer of School of Business and Management - ITB)
  10. Associate Professor Dr. Ir. Agus Purnomo, M.T., CISCP, CWDP, CMILT. (Logistics Management Lecturer - ULBI)
  11. Dr. Erna Mulyati, S.T., M.T., CMILT (Logistics Management Lecturer - ULBI)
  12. Dr. Saptono Kusdanu Waskito, S.E, M.M. (Logistics Management Lecturer - ULBI)
  13. Dr. Edi Supardi, S.E., M.M., AAAIK., CMILT. (Logistics Management Lecturer - ULBI)
  14. Dr. Maniah, S.T., M.T. (Informatics Management Lecturer - ULBI)
  15. Dr. Melia Eka Lestiani, S.T., M.T., CMILT (Transportation Management Lecturer - ULBI)
  16. Dr. Syafrianita, S.T., M.T. (Transportation Management Lecturer - ULBI)
  17. Dr. Riharsono Prastyantoro, S.Si.., M.T.(Transportation Management Lecturer - ULBI)
  18. Dr. Karda Dede Yayat, S.T., M.T. (Transportation Management Lecturer ULBI)
  19. Dr. Firman Oktora, S.Si., M.Pd., M.Kom.(Head of Educational Information Technology and Communication Center)


Sistem Pembelajaran adalah Blended Learning (offline dan online), setiap  Kamis dan Jumat mulai pukul 17.00 s.d. 20.00 WIB serta Sabtu pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB.

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Program S2 Manajemen Logistik ULBI terdiri dari Jalur Fast Track (estimasi waktu kuliah 2 semester) Untuk Mahasiswa ULBI Program Studi: S1 Terapan - Logistik Bisnis S1 - Manajemen Logistik S1 - Manajemen Transportasi dan Mahasiswa Program RPL: S1 Terapan - Logistik Bisnis. Dan Jalur Regular (dengan waktu kuliah 4 semester) untuk lulusan dari berbagai Program Studi S1/D4.

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru Program S2 Manajemen Logistik ULBI dibuka sampai dengan tanggal 31 Oktober 2023.


Sosialisasi Program Beasiswa Pascasarjana S2 Manajemen Logistik ULBI Tahun 2024 untuk Karyawan PT Pos Indonesia

Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) dengan bangga mengumumkan program beasiswa pendidikan Pascasarjana S2 Manajemen Logistik bagi karyawan PT Pos Indonesia. Program ini dirancang untuk membantu pengembangan kompetensi sumber daya manusia di bidang logistik dan manajemen rantai pasok. Program ini tersedia untuk tahun akademik 2024/2025. Keuntungan Program Beasiswa: Gelar Ganda: Lulusan program akan mendapatkan gelar Master of Logistics (M.Log) dan juga sertifikasi internasional dari The Chartered Institute of Logistics and Transport (CILT) , dengan gelar MILT (Member of CILT). Tunjangan Pendidikan: Karyawan yang terpilih akan menerima bantuan sebesar 50% dari biaya pendidikan dan beberapa tunjangan lainnya, termasuk tunjangan pulsa sebesar Rp200.000 dan tunjangan buku senilai Rp1.000.000. Tetap Bekerja: Peserta program dapat tetap bekerja di unit kerja masing-masing sambil menjalani pendidikan. Ikatan Dinas: Setelah lulus, peserta diharapkan menjalani ikatan dinas...

Selamat dan Sukses kepada Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M. Eng., Ph.D., CSCP., CPLM. sebagai Rektor Baru ULBI Periode 2025-2029

Program Studi S2 Manajemen Logistik Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) mengucapkan Selamat & Sukses kepada Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng., Ph.D., CSCP., CPLM atas pelantikannya sebagai Rektor ULBI Periode 2025–2029. Di saat yang sama, kami juga mengucapkan rasa hormat dan terima kasih kepada Prof. Dr. Setyo Riyanto, S.E., M.M., CPM atas dedikasi dan pengabdiannya sebagai Plt. Rektor ULBI Periode 2024. Semoga amanah dan kepemimpinan yang telah dan akan dijalankan dapat terus membawa ULBI menjadi universitas yang unggul, berdaya saing, dan memberikan kontribusi besar bagi pendidikan.

Program Studi S2 Manajemen Logistik ULBI Melaksanakan Benchmarking ke Telkom University

  Bandung, 9 Januari 2025 – Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pengelolaan program, Program Studi S2 Manajemen Logistik Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) telah melaksanakan kegiatan benchmarking ke Program Studi S2 Administrasi Bisnis, Telkom University. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan penuh antusiasme. Kegiatan benchmarking yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dihadiri oleh para dosen dari Program Studi S2 Manajemen Logistik ULBI, yaitu Dr. Melia Eka Lestiani, S.T., M.T., Dr. Erna Mulyati, S.T., M.T., dan Dr. Maniah, S.Kom., M.T. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mempelajari praktik terbaik yang diterapkan di Telkom University, khususnya dalam hal proses pembelajaran, pengelolaan laboratorium, sistem pembayaran dosen, serta sarana dan prasarana pendukung pendidikan. Selama kegiatan berlangsung, Dosen S2 Manajemen Logistik ULBI disambut hangat oleh tim dari Telkom University. Diskusi dan kunjungan ke berbagai fasilitas kampus dilaku...

© ‧ Magister Manajemen Logistik - ULBI. All rights reserved.